Saturday 13 February 2010

Canon IP 1000 di Ubuntu 9.10

Sebenarnya saya setengah hati untuk upgrade ke 9.10 males setting macem-macem. Tapi mau tidak mau harus upgrade agar bisa pakai ngenet menggunakan Indosat M2 & Huawei E 1550 on Ubuntu 9.10

Printer IP1000 yang saya beli tahun 2005 iri minta disetting juga. Setelah googling ketemu caranya ternyata sedulur dewek.

http://andy.web.id/canon-pixma-ip1000-di-ubuntu.php

download driver di
http://www.esnips.com/doc/8478e2e8-23d8-4863-bca9-4b65469d5d00/ip1000-driver-for-debian-based-systems

lalu Open with GDebi Package Installer

setelah itu
System>Administration>Printing>New pilih IP1000 selanjutnya forward terus sampai print test.

Saat print test muncul error cups-insecure filter (doh)

menurut http://ohioloco.ubuntuforums.org/showthread.php?p=8813591

ketik di terminal
sudo chown -hR root /usr/lib/cups/filter
sudo chown -hR root /usr/lib/cups/backend
sudo chgrp -hR root /usr/lib/cups/filter
sudo chgrp -hR root /usr/lib/cups/backend
maksudnya apaan saya juga tidak tahu tapi berhasil.

11 comments:

  1. waduh kok puyeng... saya mending stay di windows aja deh...

    ReplyDelete
  2. weleh...weleh... padahal tulisan itu sudah lama banget...
    kalau di intrepid, habis install langsung bisa digunakan...

    ReplyDelete
  3. wahhh... pakdhe andy memang ngetop

    ReplyDelete
  4. saya pengen install ubuntu deh.. tapi agak ragu hehe

    ReplyDelete
  5. di drivernya ubuntu cuma ada versi 2000 ke-atas. aku arep masang canon ip 1880 terpaksa kudu install manual.
    tapi lebih susah install di opnesuse. opo mergo aku yg gak biasa yaa...

    ReplyDelete
  6. Tapi koq Aku di rumah pake IP1200 bisa langsung kedeteck dan langsung pake deh..!

    ReplyDelete
  7. go linhux go linux go hehehehh

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh :D

    ReplyDelete
  8. Orang itu perlu tantangan mas, windows emang compatible. Tapi apa berarti harus takut atau gak mau make linux karena tingkat kesulitan or nativenya tidak seperti windows, saya pemake windows juga um sampe windows nya di klien ga bisa di apa2in menu-menu konfigurasinya, tp di operator saya pakein linux :p, karena saya anggap windows sudah tidak menantang, wong cuma instal-uninstall-update-cari sn, n cara pake software. Linux biar saya masih ngeraba-raba jg saya anggap keluarga unix ini tidak mempunyai batas dalam sisi kretivitas tergantung daya pake, keuletan, kejelian n daya hayal si orang tersebut mau di apakan tuh OS jadina...wkwkwkwkwkwk

    ReplyDelete
  9. Download file iso nya dulu, biar lebih yakin dalam hal booting nya pake aja usb booting, bikin nya dari windows mas dengan bantuan unetbootin nah ntar klu udah jadi di live dulu aja si ubuntu nya atau d instal inside/berdampingan ama windows nya klu udah cukup bernyali baru depak windows nya kayak saya, sedikit demi sdikit uang makin irit :p

    ReplyDelete